News
Sinergi dengan DUDI Prodi Desain Interior Darmajaya Ajak Mahasiswa Outing Class Project

Sinergi dengan DUDI Prodi Desain Interior Darmajaya Ajak Mahasiswa Outing Class Project

BANDARLAMPUNG – Prodi Desain Interior Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar room tour di Perusahaan Guna, Kemiling, Bandarlampung pada Rabu, (20/12/23).

Guna merupakan perusahaan yang memiliki fokus di bidang Keamanan dan Digital Commerce yang dipimpin oleh generasi milenial Andi Narendra. Perusahaan ini memiliki banyak kerjasama antara lain GoJek, Bank Indonesia, Instansi Pemerintahan di Provinsi Lampung, serta masih banyak lainnya.

Program ini adalah output dari proses KBM mata kuliah Desain Thinking Program Studi Desain Interior. Pada kegiatan ini, mahasiswa didampingi Dosen Prodi Desain Interior yaitu Andi Wahyu ZF, S.Ds., M.Ds. dan Rohiman, S.Sn., M.Sn.

Ketua Prodi Desain Interior IIB Darmajaya, Yan Aditiya Pratama, S.Pd., M.Pd., M.M., mengatakan Link and Match sebagai dasar syarat pewujudan kegiatan ini. “Mas Andi selaku DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) memiliki pemikiran sustainability (berkelanjutan) dan sangat cocok berkolaborasi dengan Prodi Desain Interior,” ucapnya.

Menurut dia, unsur desain nusantara selalu dipikirkannya. Terlebih lagi, dalam implementasi “Kedepan kami juga akan kerjasama dalam laboratorium eksternal dan magang untuk Prodi kami,” ujarnya.

Dalam room tour, mahasiswa dikenalkan bagaimana melakukan konsep Desain Thinking dalam Desain Interior yaitu Sustainability Material Concept. Adapun beberapa bahan yang dikenalkan oleh Andi Narendra yaitu penggunaan bahan Kayu Jati dan Meranti serta bahan recycle lainnya sebagai bahan kayu utama dalam bangunan kantor Perusahaan Guna tersebut dengan Tema Desain Traditional Modern.

Selain itu, lanjut Yan Aditiya, bahwa kegiatan ini memiliki tujuan melakukan inisiasi kerjasama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). “Inisiasi ini perlu dilakukan untuk media belajar luar dimana teori yang didapatkan mahasiswa secara teori dapat diterapkan secara praktik. Lebih jauh lagi, tujuan lebih utama yaitu terjadinya Link and Match antara institusi dan DUDI,” tuturnya.

Sementara, Andi Narendra selaku DUDI sangat menerima kegiatan ini sebagai output pembelajaran dimana supplementary material dari luar kampus dapat diserap oleh mahasiswa saat ini. “Saya juga tahu kalau Prodi Desain Interior Darmajaya mengusung Desain Nusantara dan cocok sekali dengan kegiatan ini. Intinya, kami support apa yang ada di Prodi Terbaik ini,” ucapnya. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *