News
Konsentrasi Peminatan

Konsentrasi Peminatan

Prinsip desain yang diterapkan dalam perencanaan, pembuatan, dan pemeliharaan ruang-ruang di dalam suatu bangunan. Selain itu, peminatan ini juga harus memahami cara menggunakan material, warna, dan tekstur untuk menciptakan suasana yang nyaman dan estetis. Dari unsur tersebut, dirumuskan dengan dua konsentrasi yaitu Konsentrasi Residential dan Konsentrasi Retail & Exhibition.

Residential merupakan konsentrasi yang berfokus pada perencanaan dan pembuatan desain interior untuk rumah tinggal atau tempat tinggal. Konsentrasi ini akan mempelajari tentang teknik dan strategi untuk menciptakan suasana nyaman dan estetis di dalam rumah, serta mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi klien dalam menentukan desain yang sesuai. Mahasiswa akan belajar tentang cara menggunakan warna, tekstur, dan elemen desain lainnya untuk mencapai hasil yang memuaskan bagi klien. Konsentrasi ini juga akan membahas tentang perijinan, pengelolaan proyek, dan teknik presentasi yang diperlukan untuk berkarier di dunia Desain Interior Residential.

Sementara itu, konsentrasi Retail & Exhibition merupakan konsentrasi yang memfokuskan pada pengembangan kemampuan dalam merancang dan mengelola ruang-ruang retail dan exhibition. Dalam konsentrasi ini akan mempelajari tentang prinsip-prinsip desain interior yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari ruang-ruang retail dan exhibition, seperti menciptakan suasana yang nyaman dan menarik bagi pengunjung. Mereka juga akan belajar tentang teknik dan strategi pemasaran untuk membuat ruang-ruang retail dan exhibition menjadi lebih atraktif bagi pengunjung dan meningkatkan penjualan produk atau jasa.

Adapun rincian konsentrasi pada Prodi Desain Interior ini adalah Residential dan Retail & Exibition. Lebih jauh, beberapa mata kuliah di rangkum dalam tabel berikut.

SemesterResidentialRetail & Exhibition
5Tata Suara dan Cahaya InteriorRetail & Exhibition Design
Psikologi Desain InteriorArsitektur Interior Tradisional
6Bisnis Interior
Brand Identity
Inovasi Digital
Manajemen Proyek dan Kode Etik
7Experimental FurnitureTransportation Interior Design

Dari konsentrasi diatas, Lulusan agar mencakup pengembangan kemampuan kreativitas dan inovasi, serta kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dalam tim maupun dengan stakeholdernya. Lulusan prodi desain interior juga diharapkan dapat bersaing di pasar kerja dan memiliki kemampuan untuk terus belajar dan selalu mengembangkan diri terkait keterbaruan era.